Powered By Blogger

Sunday 22 May 2016

Solusi Menyembuhkan Nyeri Lutut Akibat Radang Sendi Osteo Arthritis, Cedera dan Faktor Lainnya

Bagaimana Menyembuhkan Nyeri Lutut


Di Indonesia, istilah "asam urat" dan "rematik" atau "encok" sungguh sangat populer. Untuk semua keluhan sakit / nyeri / pegal / ngilu pada tulang, persendian, urat dan otot, masyarakat kita dengan sangat mudah menyebut "asam urat" dan "rematik" sebagai nama penyakitnya, termasuk untuk keluhan sakit lutut atau dengkul. "Asam urat ni dokter", "Rematik ni dokter", itulah yang sering kita ucapkan dan kita dengar jika kita atau keluarga kita menderita sakit lutut

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/dr.kosasi/sakit-lutut-asam-urat-atau-rematik-atau-apa_5529a48c6ea834b133552d2a
Solusi Menyembuhkan Nyeri Lutut Akibat Radang Sendi Osteo Arthritis, Cedera dan Faktor Lainnya
Nyeri Lutut

Sakit lutut adalah nyeri pada sendi lutut yang dapat dialami oleh semua orang dari segala usia. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yang meliputi:
  • Cedera, misalnya cedera pada tulang rawan dan kerusakan tendon atau ligamen.
  • Penyakit tertentu, seperti osteoartritis, penyakit asam urat, atau tendonitis.
  • Pendarahan pada sendi.
  • Infeksi, misalnya artritis septik.
Sebagian besar sakit lutut yang terjadi dapat ditangani sendiri di rumah, tetapi ada beberapa kondisi yang membutuhkan penanganan medis, seperti operasi atau yang bisa menyebabkan nyeri berkepanjangan, kerusakan pada sendi, dan bahkan cacat jika tidak ditangani secara khusus.

Gejala-gejala Sakit Lutut

Tidak semua pengidap akan merasakan gejala yang sama saat menderita sakit lutut. Perbedaan ini terjadi karena adanya beragam hal yang dapat memicunya. Ada beberapa gejala yang dapat menyertai sakit lutut . Di antaranya adalah:
  • Pembengkakan.
  • Lutut yang terasa kaku atau tidak bisa diluruskan.
  • Bunyi gemeretak pada lutut.
  • Kulit lutut berubah kemerahan dan hangat jika disentuh.
  • Lutut yang tidak stabil atau lemas.
  • Lutut tidak bisa menahan beban tubuh.
  • Demam.
Jika merasakan gejala-gejala tersebut, Anda sebaiknya segera ke dokter untuk menjalani pemeriksaan.

Faktor-faktor Risiko Sakit Lutut

Persendian lutut termasuk bagian tubuh yang rentan mengalami kerusakan serta rasa nyeri, terutama untuk menahan berat tubuh.
  • Usia. Risiko sakit lutut akan bertambah seiring bertambahnya usia.
  • Berat badan yang berlebihan atau obesitas. Hal ini akan memberi tekanan lebih pada lutut sehingga meningkatkan risiko sakit lutut.
  • Jenis olahraga tertentu, misalnya bola basket.
  • Pernah mengalami cedera lutut
  • Wanita. Menurut penelitian di Amerika Serikat, osteoarthritis lebih sering menyerang wanita dibandingkan pria. Ini berhubungan dengan menopause. Pada periode ini, hormon estrogen tidak berfungsi lagi. Sementara salah satu fungsi hormon ini adalah untuk mempertahankan massa tulang. Bentuk tubuh perempuan juga menjadi penyebab mengapa perempuan lebih berisiko mengalami osteoarthritis. Tubuh wanita lebih lebar di bagian pinggul, sementara laki-laki cenderung lurus. Biasanya lemak bertambah di pinggul dan perut ketika perempuan beranjak tua. Ini jelas akan memberikan beban yang lebih besar untuk lutut.
  • Kegemukan (obesitas).
  • Riwayat trauma atau radang di persendian sebelumnya. Misalnya karena jatuh atau kecelakaan.
  • Adanya stress (tekanan) pada sendi yang berkepanjangan ataupun berlebihan (overuse), misalnya pada olahragawan.
  • Adanya kristal pada cairan sendi atau tulang rawan.
  • Densitas (kepadatan) tulang yang tinggi.
  • Pengapuran/asam urat
  • Kelainan sistem kekebalan tubuh dan kelainan darah, seperti penyakit Rhematoid Arthritis dan penyakit Lupus Systemic Lupus Erythemotasus 
Solusi Menyembuhkan Nyeri Lutut Akibat Radang Sendi Osteo Arthritis, Cedera dan Faktor Lainnya
Resiko OA

 

Diagnosis Sakit Lutut

Diagnosis penyebab sakit lutut akan dilakukan melalui pemeriksaan fisik yang disertai beberapa tes yang lebih mendetail, seperti X-ray, USG, CT scan, atau MRI scan. Langkah-langkah ini akan membantu dokter untuk meneliti kondisi tulang serta sendi pada lutut pasien.
Tes darah dapat dianjurkan jika dokter menduga sakit lutut pasien dipicu oleh infeksi atau kondisi medis lain, misalnya penyakit rematik asam urat.

Pengobatan dan Pencegahan Sakit Lutut

Setelah mengetahui penyebab sakit lutut yang diderita pasien, dokter baru bisa memberikan pengobatan yang sesuai. Langkah ini dapat berupa:
  • Obat-obatan, misalnya analgesik untuk meredakan sakit maupun suntikan kortikosteroid atau pelumas.
  • Terapi fisik untuk melatih dan menguatkan otot.
  • Operasi.
  • Alternatif Terbaru
Di samping penanganan medis, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mempercepat pemulihan sekaligus mencegah komplikasi. Langkah-langkah tersebut meliputi:
  • Banyak istirahat agar lutut terhindar dari tekanan sehingga cedera dapat pulih lebih cepat.
  • Mengompres lutut dengan es. Langkah ini bisa mengurangi rasa sakit, sekaligus inflamasi.
  • Meminimalisasi gerakan pada lutut, misalnya dengan menggunakan bebat.
  • Menaruh kaki yang cedera pada posisi lebih tinggi, contohnya meletakkan kaki di atas bantal. Cara ini bisa membantu mengurangi pembengkakan.

Sakit serta cedera lutut dapat dicegah dengan langkah-langkah sederhana, misalnya selalu pemanasan sebelumnya serta melakukan peregangan setelah berolahraga dan jangan lupa untuk mengganti sepatu olahraga yang rusak. Menjauhi jenis olahraga atau aktivitas yang berpotensi memicu cedera juga penting. Jika Anda ingin meningkatkan aktivitas olahraga, lakukanlah secara bertahap.

Pernahkan Anda mengalami nyeri di lutut pada saat naik tangga..? Atau nyeri saat bergerak tiba-tiba..?  Bila “YA”, mungkin Anda menderita OSTEOARTHRITIS.

Osteoarthristis
Perbedaan sendi sehat dan sakit

OSTEOARTHRITIS adalah peradangan sendi yang bersifat kronis dan progresif disertai kerusakan tulang rawan sendi berupa disintegrasi (pecah) dan perlunakan progresif permukaan sendi dengan pertumbuhan tulang rawan sendi (osteofit) di tepi tulang.
Berikut ini gejala-gejala osteoarthritis:


  1. Persendian terasa kaku dan nyeri apabila digerakkan.
  2. Adanya pembengkakan/peradangan pada persendian.
  3. Persendian yang sakit berwarna kemerah-merahan.
  4. Kelelahan yang menyertai rasa sakit pada persendian.
  5. Kesulitan menggunakan persendian.
  6. Bunyi pada setiap persendian (crepitus) saat digerakkan.
  7. Perubahan bentuk tulang. Ini akibat jaringan tulang rawan yang semakin rusak, tulang mulai berubah bentuk dan meradang, menimbulkan rasa sakit yang amat sangat.

Mengatasi Osteoarthritis/Radang Sendi
Pengobatan dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan luas pergerakan sendi sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup. pengobatan dengan menggunakan Glucosamine dan Chondroitin, terapi alternatif, suntik sendi, dan yang paling serius dilakukan adalah operasi pembedahan.

Salah satu suplemen makanan yang digunakan untuk terapi osteoarthritis adalah Glucosamine dan Chondroitin, masing-masing memiliki fungsi yaitu:
•    Glukosamine adalah bahan pembentukan proteoglycan, bekerja dengan merangsang pertumbuhan tulang rawan, serta menghambat perusakan tulang rawan.
•    Chondroitin Sulfat berguna untuk merangsang pertumbuhan tulang rawan dan menghambat perusakan tulang rawan.
•    MSM(Methyl Sulfonyl Methane),  sebagai analgesik alami, berguna untuk mengatasi nyeri sendi.


Penjelasan Tentang Pengapuran Sendi 
Pengapuran/Osteoarthritis (sering disingkat OA) merupakan penyebab tersering dari keluhan sakit Lutut merupakan penyakit yang berkaitan dengan Proses Penuaan, semakin tua tulang kita semakin rapuh/keropos kekurangan zat kapur/kalsium/Calc. Tulang yang keropos secara perlahan mengalami Penyusutan atau Penipisan/Penciutan sehingga permukaan dan tepi-tepi tulang menjadi kasar dan menonjol atau bahkan meruncing atau bertaji. Tonjolan pada tepi tulang yang mengalami keropos inilah yang disebut pengapuran.

Osteoporosis (Rapuh Tulang) dan pengapuran tulang merupakan 2 proses yang berlangsung secara bersamaan / simultan dan secara kronis, semakin keropos sepotong tulang, semakin hebat pengapurannya.


Memenangkan medali emas untuk kategori medis pada the IMPEX Show, USA. IMPEX adalah suatu pemberian penghargaan Internasional yang terkenal. Terdaftar pada FDA (DepKes USA), Japan, China, Korea dan RI. Di Export ke 22 negara, dan sudah terjual lebih dari 1.500.000 set. Mendapatkan C E Mark (Certificate by Europe) ISO9001 : Quality Certificate. ISO13485 : Quality Certificate for Medical Instrument. Mendapatkan Korea Patent, US Patent, JAPAN Patent dan CHINA Patent.
Osteoarthritis

Pengapuran tulang inilah yang menimbulkan rasa sakit , nyeri pada urat ataupun sendi , karena ia menekan atau bergesekan dengan urat2 disekitarnya , terutama ketika ada pergerakan atau disaat ada beban terhadap sendi, selain itu juga terjadi penipisan atau kerusakan tulang rawan (cartilago) pada ujung tulang dan berkurangnya jumlah cairan sendi di dalam rongga sendi.

Dengan semua penjelasan di atas, maka kita dapat mengerti mengapa sakit lutut yang disebabkan oleh pengapuran (Osteoarthritis) mempunyai ciri-ciri :
  1. Tidak menunjukkan tanda-tanda peradangan akut seperti panas , bengkak dan kemerahan pada sendi lutut.
  2. Cenderung lebih berat terasa ketika ada pergerakan dan beban pada sendi lutut
  3. Cenderung berkurang/hilang jika sendi yang sakit diistirahatkan atau didiamkan 
  4. Cenderung lebih berat dirasakan oleh Pasien Gemuk dibandingkan yang kurus
  5. Cenderung lebih berat terasa disaat cuaca dingin (malam hingga pagi)
Pengapuran sendi lutut (OA) lebih sering diderita oleh :
  1. Usia lanjut lebih dari 50th
  2. Wanita , karena adanya siklus menstruasi , sebagian kalsiumnya dipakai/terbuang saat mens, mengandung dan melahirkan.
  3. Jarang olah raga
  4. Jarang makan sayur
  5. Orang gemuk
  6. Jarang terpapar sinar matahari
Penjelasan tentang Obesitas terhadap nyeri sendi

Pada tubuh manusia beban berat badan teutama ditanggung oleh Tulang-tulang belakang daerah punggung bawah, sendi panggul, pinggang, sendi lutut, sendi pergelangan kaki dan tulang tumit.

Jadi sendi lutut merupakan sendi yang sering menanggung berat badan kita, terutama disaat berdiri, saat akan duduk, saat akan bangun dari duduk, saat angkat jongkok, saat akan bangun dari jongkok, saat akan sujud atau bangun dari sujud, saat berjalan, berlari, mendaki, menurun, menapaki anak tangga dan menuruninya dsb.

Oleh karena itu kelebihan berat badan dan kegemukan (Obesitas) dapat menyebabkan sakit lutut karena adanya beban atau tekanan berlebihan yang harus ditanggung. Jadi untuk orang gemuk, nyeri pada sendi lutut belum tentu karena asam uratnya, tetapi bisa jadi karena faktor berat tubuh, sehingga pada kasus ini mengurangi berat tubuh menjadi suatu keharusan.

Berat badan ideal orang dewasa sbb :

[Tinggi badan (CM) - 100 ] - 10%

atau 

0,9 X [ tinggi badan (cm) - 100]

Penjelasan tentang Asam Urat (Uric Acid)

Peradangan sendi akibat asam urat disebut Arthritis Gout (Gouty Arthritis), kadar asam urat dalam darah berfluktuasi (naik-turun) sepanjang hari tergantung makanan dan aktifitas fisik. kelebihan kadar asam urat dalam darah (hiper urisemia) dapat menimbulkan sakit lutut karena kristal asam urat mengendap / tertimbun di dalam urat dan jaringan lunak di bawah kulit. Timbunan endapan kristal inilah yang menimbulkan tanda-tanda peradangan seperti rasa sakit, panas, merah dan bengkak pada urat atau sendi lutut. 

Jika hiper urisemia berlangsung dalam jangka waktu lama (kronis) endapan asam urat akan membentuk tonjolan dibawah kulit dibawah urat yang bersangkutan yang disebut Tophus/Tophi.

Bagian Tubuh/sendi yang sering terkena asam urat adalah :
  • Pangkal jari2 kaki dan pangkal jari2 tangan
  • Pergelangan kaki dan pergelangan tangan
  • Punggung kaki dan punggung tangan
  • Sendi siku lengan
  • Sendi lutut
  • Betis
Keluhan sendi karena asam urat umumnya menetap, artinya walaupun sendi yang nyeri diistirahatkan , sakitnya cenderung tidak menghilang, terutama selama kadar asam uratnya masih tinggi, dibandingkan dengan sakit lutut karena pengapuran sakit lutut karena asam urat umumnya lebih cepat mereda jika diberikan obat anti nyeri. 

Penyebab utama kelebihan asam urat adalah konsumsi makanan berprotein tinggi terutama protein golongan Purin , oleh karena itu penyakit ini bisa diderita oleh anak-anak hingga orang dewasa.

kadar normal asam urat dalam darah adalah : 3,5 - 6,5 mg/dL maksimal 7 mg/dL
biaya pemeriksaan kadar asam urat mulai 30 - 70 rb 

Dengan memahami secara benar, penyebab2 nyeri lutut , kita jadi tahu cara2 pencegahannya. Menjalai pola hidup sehat, makanan sehat berimbang, Rutin olahraga, Rutin terpapar matahari pagi, menjaga berat badan ideal. 

Dengan memahami secara menyeluruh tentang penyebab setiap kasus nyeri lutut, kita bisa memberikan perawatan dan pengobatan yang benar, tepat dan terbaik.

Adakah Terapi Pendamping???

Terapi tanpa pemberian obat oral,
Terapi yang low impact
Terapi yang cenderung murah, bandingkan jika harus terapi rutin di hospital/fisoterapi 
Tanpa operasi

ada, jawabannya adalah Terapi dengan penunjang lutut Disk-Dr Joint Max

Untuk Meredakan nyeri lutut Secara umum, ada alternatif lain yang bisa dilakukan beririringan/berdampingan dengan terapi Obat/ pola makan ideal dll, sambil penyebab utamanya dibenahi dan diperbaiki tentunya rasa sakit masih akan terus muncul dan sangat mengganggu.

Karena Rasa nyeri ini berlangsung sangat terasa setiap detik, sehingga banyak pasien lebih memilih Obat anti nyeri untuk mendampingi hidup sehari2nya. sayangnya semua obat antinyeri memiliki efek samping yang cukup serius yaitu mengiritasi lambung. 

Solusi lain adalah menggunakan alat kesehatan untuk mendampingi terapi utama anda yang dapat mengurangi rasa sakit tanpa memasukka bahan kimia/obat2an anti nyeri selama pemulihan.
karena peru berapa lama kita konsumsi obat nyeri tsb?
jika sehari kita minum 3x , lalu perlu berapa banyak Obat yang masuk ke tubuh kita?
apakah tidak ada cara yang lebih bijak?

Oleh karena itu kami memberikan saran terbaik untuk anda 

JoinMAX (Terapi Lutut & Bahu)
 
Rekomendasi Bila Menggunakan JoinMAX      Karena otot-otot dan persendian lutut menjadi lebih relaks setelah menggunakan JoinMAX dianjurkan menggunakan JoinMAX sebelum berolah raga atau beraktifitas di pagi hari sehingga bisa berjalan lebih relaks.     Untuk hasil yang lebih efektif dianjurkan menggunakan JoinMAX 2 atau 3 kali sehari masing-masing 30 menit pada moderate temperature (temperatur yang paling maksimal adalah temperatur dimana dirasakan hangat pada waktu menggunakannya). Jangan set pada temperatur yang terlalu panas.     Perubahan temperatur yang tiba-tiba bisa menyebabkan efeknya berkurang. Jadi perubahan temperatur harus dilakukan perlahan-lahan misalnya dari 45, 50, 55, 56, 57 derajat dst.     Dianjurkan pada saat berolah raga harus menggunakan pelindung lutut setelah rasa sakit berkurang (penyakit membaik).     Bilamana menggunakan JoinMAX pastikan telah memakai safe pad atau celana panjang untuk menghindarkan kulit melepuh.  Solusi Menyembuhkan Nyeri Lutut Akibat Radang Sendi Osteo Arthritis, Cedera dan Faktor Lainnya
Disk Dr-Joint Max
JoinMAX, alat terapi konsep terbaru untuk persendian lutut dan bahu yang diciptakan oleh Fakultas Bioteknologi (Korea Institute of Biotechnology), Universitas Korea.
Dengan daya gelombang sinar infra merah antara 700 – 50000nm, JoinMAX menghantarkan energi panas sampai ke dalam persendian lutut, meredakan nyeri pada lutut dan menyembuhkan gejalanya dengan seketika.


Fungsi dari JoinMAX
  1. Penghilang nyeri pada sendi lutut dan bahu yang inovatif, JoinMAX menghasilkan energi panas dari lampu halogen & infrared, yang meresap sampai ke persendian, meredakan nyeri dengan seketika.
  2. Permukaan katoda panas dan perak murni dengan daya konduksi panas yang tinggi. Saat energi panas meresap cepat pada persendian, anti bakteri alami yang terkandung dalam perak dan reaksi antibiotik turut meresap.
  3. Pengatur suhu dengan unit memori juga melengkapi JoinMAX. Jangkauan suhu juga diprogram dari 450 C sampai 650C sehingga suhu diatur secara konstan.
  4. Mengendurkan otot, meredakan nyeri, memperkuat persendian, mencegah sakit lebih lanjut.
  5. Karena otot persendian sudah kendur, jika anda memakai JoinMAX sebelum berolahraga atau jalan-jalan (30 menit sebelumnya), maka akan mencegah nyeri sendi akibat kelelahan.
  6. Efek penghilang sakit pada persendian lutut telah diakui oleh KFDA; JoinMAX telah mendapat lisensi sebagai alat kesehatan yanga berdedikasi dan telah diregistrasikan pada FDA (USA).


Siapa Yang Membutuhkan JoinMAX
  • Orang-orang yang merasa sakit lututnya pada waktu naik turun tangga atau sakit menggerakan persendian lutut.
  • Orang-orang yang merasa sakit di persendian lutut pada waktu perubahan cuaca ataupun udara dingin.
  • Orang yang kaku dalam bergerak dan merasa tidak nyaman pada persendian lutut.
  • Orang yang lututnya bengkak atau mengeras setelah bergerak pada sore dan malam hari.

Solusi Menyembuhkan Nyeri Lutut Akibat Radang Sendi Osteo Arthritis, Cedera dan Faktor Lainnya
Keterangan Produk dan Cara Penggunaan Joint Max



Rekomendasi Bila Menggunakan JoinMAX
  • Karena otot-otot dan persendian lutut menjadi lebih relaks setelah menggunakan JoinMAX dianjurkan menggunakan JoinMAX sebelum berolah raga atau beraktifitas di pagi hari sehingga bisa berjalan lebih relaks.
  • Untuk hasil yang lebih efektif dianjurkan menggunakan JoinMAX 2 atau 3 kali sehari masing-masing 30 menit pada moderate temperature (temperatur yang paling maksimal adalah temperatur dimana dirasakan hangat pada waktu menggunakannya). Jangan set pada temperatur yang terlalu panas.
  • Perubahan temperatur yang tiba-tiba bisa menyebabkan efeknya berkurang. Jadi perubahan temperatur harus dilakukan perlahan-lahan misalnya dari 45, 50, 55, 56, 57 derajat dst.
  • Dianjurkan pada saat berolah raga harus menggunakan pelindung lutut setelah rasa sakit berkurang (penyakit membaik).
  • Bilamana menggunakan JoinMAX pastikan telah memakai safe pad atau celana panjang untuk menghindarkan kulit melepuh.

Sertifikat Produk
Penghargaan Produk Jointmax
  1. Memenangkan medali emas untuk kategori medis pada the IMPEX Show, USA. IMPEX adalah suatu pemberian penghargaan Internasional yang terkenal.
  2. Terdaftar pada FDA (DepKes USA), Japan, China, Korea dan RI.
  3. Di Export ke 22 negara, dan sudah terjual lebih dari 1.500.000 set.
  4. Mendapatkan C E Mark (Certificate by Europe)
  5. ISO9001 : Quality Certificate.
  6. ISO13485 : Quality Certificate for Medical Instrument.
  7. Mendapatkan Korea Patent, US Patent, JAPAN Patent dan CHINA Patent.

Jangan beli kucing di dalam karung.....ya...oleh karena itu kami ada fasilitas uji coba alat ...Jika anda berdomisisli di Jabodetabek-Serang-Banten-...dan  Anda Ingin Tes/uji coba Alat ini secara Gratis? silahkan kontak saya.
  • Garansi 1 Tahun
  • Bisa COD
  • Bisa Transfer Bank
  • Bisa Cicil (dengan Kartu Kredit)
  • Bisa Demo alat dahulu secara Free....tanpa harus membeli


Untuk Informasi Lebih Lanjut dapat menghubungi saya  Rahmat Hidayat


Nomer HP : 08111 095 255 / 0822 6094 8630
FB/Email   : rahmat_scientist2222@live.com
PIN            : 5E492B13  

Semoga Bermanfaat




Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/dr.kosasi/sakit-lutut-asam-urat-atau-rematik-atau-apa_5529a48c6ea834b133552d2a



No comments: