Powered By Blogger

Wednesday 14 January 2015

Black Box CVR AirAsia Berisi Rekaman Kokpit Ditemukan



Black Box CVR AirAsia Berisi Rekaman Kokpit Ditemukan


on

Liputan6.com, Jakarta Black box cockpit voice recorder (CVR) atau rekaman percakapan kokpit pesawat AirAsia QZ8501 hari ini ditemukan tim penyelam TNI AL, menyusul ditemukan flight data recorder (FDR) atau rekaman data penerbangan Senin kemarin.

Panglima Koarmabar Laksamana Muda TNI Widodo mengatakan, CVR yang merupakan bagian dari black box atau kotak hitam AirAsia ini ditemukan oleh penyelam TNI AL.



"Tepat pukul 07.13 rekaman kokpit ditemukan oleh prajurit TNI AL," ujar Widodo dalam serah terima rekaman kokpit dari TNI AL kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) di KRI Banda Aceh, perairan Laut Jawa, Selasa (13/1/2015).

Para penyelam gabungan TNI AL ini seperti hari sebelumnya, melakukan pencarian sejak pagi sekitar pukul 05.30 WIB. "Penemuan ini dari hasil kerja keras seluruh prajurit TNI AL gabungan yang melakukan penyelaman."

"Kemudian dalam proses ini dibantu kapal KN Jadayat, Geo Survei, ada kapal Crest Onyx dari SKK Migas, Baruna Jaya. Mereka bersatu padu menemukan segera apa yang ditunggu masyarakat dunia. Sehingga hari ini pencarian AirAsia sudah tuntas, terutama hal mendasar," pungkas Widodo.

Pencarian black box AirAsia ini sempat terkendala cuaca buruk di perairan Laut Jawa. Namun 3 hari belakangan cuaca cukup mendukung, sehingga memudahkan proses pencarian oleh tim penyelam TNI AL. (Rmn/Sss)

No comments: