Powered By Blogger

Tuesday 2 December 2014

Alur Lengkap Proses Pencairan Dana Jamsostek/BPJS

BPJS Ketenagakerjaan/JAMSOSTEK

Ini Pengalaman Fresh banget 
Dan saya bukan Orang Jamsostek/BPJS, Cuma mau sharing aja buat yang mau mencairkan dan bingung harus bagaimana.
Baru minggu kemarin saya cairin dana jamsostek,
udah saya hitung sejak tahun 2006 Itu Duit Rehat di Jamsostek. 
dipikir Sayang juga ya...ada 3 Perusahaan yang sudah saya geluti :


Anda Diabetes? atau dari keluarga keturunan Diabetes?
Baca artikel ini yuk http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/15/01/10/nhykrg-penderita-diabetes-disarankan-konsumsi-gula-dari-singkong

1. PT DM Group 1,5 Tahun
2. PT GSS  1,5 Tahun
3. PT MJ  5 Tahun

Setelah sebelumnya  Browsing dari Blog/Website, tanya kiri-kanan, sampe saya Telponin tuh Kantor Pusat Jamsosteknye, Demi dapetin informasi sejelas2nya mengenai Tabungan saya di Jamsostek.

Akhirnya berhasil ngumpulin Informasi Syarat2 Sbb:



1. Jamsostek Bisa Diambil Setelah 5 Tahun kita bekerja di satu Perusahaan, dan saat hendak mencairkannya sedang tidak bekerja di Perusahaan manapun, dengan status Kartu Jamsostek Aktif (sudah tidak terdaftar di Perusahaan manapun). Jika Anda sudah terlanjur diterima di Perusahaan lain dan di Perusahaan baru tsb sudah mendapat kartu Jamsostek/BPJS yg baru, maka proses pencairan tidak bisa dilakukan, kecuali Anda sudah Pensiun (55 th)/ Resign.

2. Kelengkapan Dokumennya lumayan Banyak Sbb:
  1. KTP Asli dan Fotokopinya
  2. Paklaring Asli dan Fotokopinya dari semua Perusahaan Tempat Anda Pernah Bekerja (Jika belum   pernah cairkan     samasekali)
  3. Kartu Jamsostek Asli dan Fotokopinya , Jika Anda sudah Pernah Keluar Masuk Kerja Lebih dari 1x, sebaiknya bawa semua kartu Jamsostek beserta Paklaringnya
  4. KK Asli dan Fotokopinya
  5. Buku Tabungan dan Fotokopinya
Sesampainya di Kantor Jamsostek/BPJS saya langsung disambut oleh Pak Security :

Hanya Ilustrasi


ALUR  LENGKAP PROSES PENCAIRAN DANA JHT
  1. Dia akan tanya keperluan kita ,jawab saja hendak mencairkan Jamsostek
  2. Kemudian petugas tsb akan tanya apakah berkasnya sudah lengkap?, Jawab saja sudah (jika sudah lengkapi Dokumen persyaratan yang sudah saya tulis di atas)
  3. Selanjutnya  memberikan 2 Lembar Formulir Klaim JHT seperti berikut ini :
Formulir Klaim JHT halaman 1

Halaman 2




4. Isi dan lengkapi persyaratan Formulir tsb, kemudian di halaman 2 di baris "C" yaitu Tempat Pembayaran yang dikehendaki ada pilihan apakah ingin ditransfer atau Cash, Setelah saya tanya waktu Pencairannya lebih cepat yang cash (3 hari) sedangkan jika Transfer cairnya 7 hari. Setelah semua lengkap terisi , tandatangani di kanan bawah.

5. Setelah semuanya lengkap, kita akan diberikan nomer Urut Antrian

Hanya Ilustrasi

6. Saatnya giliran saya tiba, Petugas Frontlinernya Cukup Ramah seingat saya percakapan saya sbb :
  • Petugas Frontliner (PF) : Selamat siang, silahkan duduk (intinya petugas memperkenalkan diri dan siap membantu kita)
  • Saya : Ya Mbak Trims
  • PF : menanyakan nama saya, keperluannya apa?
  • Saya : perkenalkan diri dan menyampaikan maksud
  • PF : Meminta berkas yang saya bawa, mengecek kelengkapannya, mencocokan data, validasi 
  • PF : menanyakan Nama Ibu Kandung kita, Menanyakan pernah bekerja di PT apa saja
7. Jika masih ada yg kurang lengkap, kitaakan diminta lengkapi, kebetulan kasus saya adalah Nama di  Paklaring terakhir saya ada kurang 1 huruf berbeda dengan KTP. di KTP tertulis nama saya M. Rahmat Hidayat sedangkan di Paklaring terakhir saya hanya Rahmat Hidayat.
8. Petugas menyampaikan bahwa harus ada Surat Perubahan Data yang dikeluarkan oleh Perusahaan yg bersangkutan, di tandatangani pihak HRD dan Di Stempel.
9. Setelah semuanya beres, kita akan diberikan nomer Antrian kembali untuk mengantri di Loket Pencairan. (hmmm Senangnya)
10. Ketika nama kita dipanggil, kita diminta menyerahkan Formulir Untuk pengambilan dana, KTP Asli, kemudian sekali lagi Petugas menanyakan nama ibu kandung, lalu menanyakan Pernah Bekerja di Perusahaan apa saja.
11. Setelah semua data tervalidasi, dengan tanpa basa basi si Petugas akan menyodorkan kita seberkas Surat seperti dibawah ini. lalu Petugas akan  menghitung Uang yang akan kita terima sesuai yang tercantum di Surat tsb.






12. Setelah Uang diterima dan sesuai dengan jumlah yg tercantum di surat, jangan lupa mengucapkan rasa Syukur kepada Allah dan berterimakasih pada si petugas. cuma gak perlu sambil ngedipin mata juga keles (hehehe).

Untuk Anda yang ingin tahu Alamat Kantor BPJS terdekat Lengkap dengan Nomer Telepon Se Indonesia silahkan masuk ke sini http://hidayatraffa-corp.blogspot.com/2014_11_01_archive.html


Misi Pencairan Dana JHT DONE!!! Monggo bisa dipakai untuk Modal Usaha Sob!
Yuk Mulai Belajar jadi Entrepreneur!!!

No comments: